SELAMAT DATANG DI BLOGSPOT KELAS 8A | SMPN 7 PURWOKERTO
Unknown Karya Seni Terapan 1 September 2013 Tugas Seni Budaya     Wayang  -          Terbuat Dari                : Kulit Binatang. -          Teknik Pembuatan    : Teknik S... 5

Karya Seni Terapan


Tugas Seni Budaya
    Wayang 
-          Terbuat Dari                : Kulit Binatang.
-          Teknik Pembuatan    : Teknik Sungging (Seni Ukir).
-          Banyak Terdapat Di  : Jawa, Bali, Sumatra, Lombok, DLL.
-          Sejarah                            :
         Wayang dikenal sejak zaman prasejarah yaitu sekitar 1500 tahun sebelum Masehi. Masyarakat Indonesia memeluk kepercayaan animisme berupa pemujaan roh nenek moyang yang disebut hyang atau dahyang, yang diwujudkan dalam bentuk Arca atau gambar.Wayang merupakan seni tradisional indonesia yang terutama berkembang di Pulau Jawa dan Bali. Pertunjukan wayang telah diakui oleh UNESCO pada tanggal 7 November 2003, sebagai karya kebudayaan yang mengagumkan dalam bidang cerita narasi dan warisan yang indah dan sangat berharga (Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity).Ada versi wayang yang dimainkan oleh orang dengan memakai kostum, yang dikenal sebagai Wayang Orang, dan ada pula wayang yang berupa sekumpulan boneka yang dimainkan oleh Dalang. Wayang yang dimainkan dalang ini diantaranya berupa Wayang Kulit atau Wayang Golek. Cerita yang dikisahkan dalam pagelaran wayang biasanya berasal dari Mahabharata dan Ramayana.Pertunjukan wayang di setiap negara memiliki teknik dan gayanya sendiri, dengan demikian wayang Indonesia merupakan buatan orang Indonesia asli yang memiliki cerita, gaya dan dalang yang luar biasa.Kadangkala repertoar Cerita Panji dan cerita Menak (cerita-cerita Islam) dipentaskan pula.Wayang, oleh para pendahulu negeri ini sangat mengandung arti yang sangat dalam. Sunan Kali Jaga dan Raden Patah sangat berjasa dalam mengembangkan Wayang. Para Wali di Tanah Jawa sudah mengatur sedemikian rupa menjadi tiga bagian. Pertama Wayang Kulit di Jawa Timur, kedua Wayang Wong atau Wayang Orang di Jawa Tengah, dan ketiga Wayang Golek di Jawa Barat. Masing masing sangat bekaitan satu sama lain. Yaitu “Mana yang Isi(Wayang Wong) dan Mana yang Kulit (Wayang Kulit) harus dicari (Wayang Golek)”.
Tanggapan Saya : Menurut saya Wayang adalah karya seni rupa terapan yang sangat berharga nilainya maupun segi fisik dan manfaatnya.Manfaat Wayang menurut saya bisa dikatakan sangat berarti. Kenapa ??? Karena wayang itu bisa digunakan untuk menyampaikan pesan/ajaran yang terkandung pada cerita yang berdampak baik untuk kehidupan sehari –hari dan dapat menjadi contoh untuk berkehidupan yang baik.

 

           Keramik
-          Terbuat Dari : Tanah Liat.
-          Teknik Pembuatan : Teknik Butsir, Pijat, Cetak, Pillin, DSB.
-          Banyak Terdapat Di : Indonesia.
-          Sejarah :

Seni Keramik adalah cabang seni rupa yang mengolah material keramik untuk membuat karya seni dari yang bersifat tradisional sampai kontemporer. Selain itu dibedakan pula kegiatan kriya keramik berdasarkan prinsip fungsionalitas dan produksinya. Keramik dari awal sangat populer dengan fungsinya sebagai benda dekoratif. Hal ini bisa diketahui daripeninggalan Republik Venisia pada tahun 400an. Dicatat pula bahwa produksi massal dimulai pada abad 17 di Nove and Bassano del Grappa. Ashura adalah perusahan terpenting di daerah tersebut Venus of Dolni Vestonice adalah karya keramik tertua yang pernah ditemukan. ZAGREB - Seni keramik berbentuk hewan berkaki empat, yang diyakini sebagai model rusa atau kuda ditemukan di Vela Spila, Kroasia oleh arkeolog dari Cambridge University. Keramik tersebut diprediksi telah ada sejak ratusan tahun lalu di zaman paleolitikum. Benda berbentuk hewan berkaki empat yang tidak lagi utuh itu, hanya menampilkan bagian badan dan kaki. Keramik itu merupakan satu dari 36 keramik yang ditemukan di Vela Spila. Arkeolog percaya sejak 17.500 tahun lalu, manusia purba kala itu telah mampu menciptakan budaya seni. Dilansir Phys, Kamis (26/7/2012), arkeolog mengatakan bahwa seni keramik di masa lampau tersebut telah berkembang selama 2.500 tahun, tetapi kemudian menghilang. Studi yang dilakukan para peneliti telah diterbitkan dalam jurnal PLoS ONE, menambah sudut pandang mengenai manusia pertama yang mengembangkan kemampuan membuat keramik dan tembikar. Tonggak sejarah mengenai teknologi zaman purba itu dimulai dengan budaya yang lebih mapan pada era Neolitik, yang dimulai sekitar 10 ribu tahun lalu. Kini, arkeolog meyakini bahwa sejarah ini jauh lebih kompleks. Selama ribuan tahun, keramik ditemukan, lalu hilang, kemudian diciptakan kembali dan hilang kembali. Para pencipta karya seni pada masa lampau tersebut, diduga tidak membuat tembikar, namun lebih kepada kecenderungan membuat benda-benda artistik. Sejak 2010, para peneliti dari Cambridge University dan tim telah menetapkan subjek penyelidikan intensif di wilayah Vela Spila. Laporan mereka yang diterbitkan pekan ini, menunjukkan bahwa meskipun sisa-sisa keramik sebelumnya telah ditemukan di tempat yang lain, mereka tidak memiliki hubungan dengan situs tersebut. Kemampuan membuat artefak tampaknya secara independen ditemukan kembali oleh orang-orang yang tinggal di dekat wilayah situs tersebut. "Hal ini sangat tidak biasa untuk menemukan seni keramik ini di awal prasejarah. Temuan di Vela Spila tampaknya merupakan bukti pertama seni keramik zaman paleolitikum di akhir zaman Es terakhir," ujar Preston Miracle dari Cambridge University. 
-          Tanggapan Saya : Menurut saya keramik itu sangat penting buat kegiatan sehari – hari, misalnya : untuk lantai rumah,dll. Keramik ini sudah lama digunakan oleh manusia dari zaman purba ke zaman modern.

Nama    : Firmansyah Nuralif Rohman
Kelas     : VIII A (8A)
Alamat  : JL. Sidodadi RT 03/02 Purwokerto Kidul


Related Posts On Pengetahuan ,Seni Budaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Janganlah Kamu Menyia - Nyiakan Masa Depanmu Dengan Dengan Kebodohan ^_^


Copyright © Kelas 8A

Design By: Firmansyah Nuralif Rohman Original By: Hab1b And 34dl